HALAMAN PENTING BLOG


Important PagesMembuat situs baik itu website atau blog dalam status pemula tentu saja banyak hal yang harus dipelajari. Terlebih lagi jika ingin mengembangkan situs tersebut ke dalam tahap profesional atau setidaknya berusaha agar tampil lebih profesional. Agar mencapai tujuan tersebut akan lebih mudah jika mengawalinya dengan mencantumkan beberapa halaman penting selain halaman utama atau Homepage / Beranda. Halaman penting itu antara lain adalah sebagai berikut beserta alasannya.



TENTANG

Halaman "Tentang" atau About / About Us adalah halaman yang memuat informasi mengenai latar belakang suatu situs. Halaman ini berfungsi untuk mengajak setiap pengunjung atau pengguna situs agar mengenal lebih jauh tentang beberapa hal berikut ini :

About UsSiapa pengelola / admin / pembuat / pemilik situs, misal : milik personal, perusahaan, instansi swasta / pemerintah atau organisasi.Apa latar belakang dan tujuan situs tersebut dibuat. Misal : menjelaskan riwayat pembuatan situs atau riwayat si pembuat situs dan atau alasan / keperluan lain yang menyebabkan suatu situs harus dibuat.

Contoh fakta : jika kita mengunjungi suatu situs atau blog dengan konten informasi atau layanan yang memberi manfaat baik dan memuaskan tentu saja sangat mungkin sebagai pengunjung kita akan tertarik atau mungkin penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang situs tersebut dengan berbagai maksud atau tujuan yang mungkin saja menguntungkan.
Oleh karena itu sebagai admin / pengelola / pemilik situs maka halaman ini menjadi sangat penting sebagai sarana untuk memperkenalkan diri kepada pengunjung sekaligus menjadi ciri khusus situs profesional.


PRIVACY & POLICY

Dalam istilah Bahasa Indonesia Privasy & Policy pada umumnya disebut Kebijakan Privasi. Merupakan sebuah dokumen penting yang menjelaskan berdasarkan / secara hukum berkaitan dengan pengelolaan data / informasi pribadi pengunjung yang dikumpulkan dari situs / blog.

Privacy & PolicyContoh : nama, alamat, email, nomor ponsel, akses profil media sosial dan sebagainya yang data / info tersebut berhubungan langsung dengan privasi pengunjung.

Karena data / info tersebut berkaitan dengan privasi seseorang, suatu situs / blog yang memiliki layanan berlangganan, produk, iklan dsb yang mewajibkan pengunjung untuk memberikan data pribadinya maka harus menjaga privasi pengunjung tersebut dengan mengelola data pribadi yang terkumpul dari situs itu dengan baik dan bijak.

Dan untuk menjaga kepercayaan serta nama baik situs maka wajiblah dicantumkan dokumen Kebijakan Privasi ini ke dalam salah satu halaman di situs yang bersangkutan. Hal ini juga bermanfaat sebagai upaya dalam menghindari terjadinya masalah - masalah hukum.


bersambung.....