Facebook fanpage vs RSS/ATOM Feed

Melihat fungsi Fanpage dan Umpan situs (Feed)


Apa yang ada dipikiran anda ketika membaca atau mendengar istilah fanpage ?
Tentunya beraneka macam hal yang terlintas menurut pengertian masing-masing orang bahkan ada yang tidak peduli karena tidak / belum mendapatkan manfaat dari fitur halaman (fanpage) itu.

Fanpage adalah :
sebuah halaman yang dibuat oleh perorangan atau kelompok sebagai media untuk mencari dan mengumpulkan banyak orang yang memiliki kegemaran / hobi / kesukaan / kebiasaan atau hal lain yang sama atau bisa juga mereka yang mendapatkan manfaat dari hal-hal yang dibagikan dalam halaman tersebut sehingga menjadi sebuah komunitas.
Kemudian melalui halaman tersebut komunitas yang ada dapat berinteraksi antara satu dengan yang lain mengenai hal-hal tertentu namun dibawah kepengurusan pembuat halaman.

Begitulah pengaritan istilah fanpage menurut bahasa saya. Dan dari fungsi yang telah dijelaskan diatas banyak pemilik situs ataupun blog beramai-ramai membuat fanpage dan meletakkannya dalam halaman website mereka sebagai salah satu cara dalam menjaring lead / prospek / pelanggan (subcribers). Dan nyaris meninggalkan cara lama yang dipakai yaitu menggunakan FEED RSS / ATOM meskipun hingga kini masih banyak juga yang memanfaatkannya.

Yang menjadi pembeda antara Feed (umpan situs) dengan fanpage adalah cara pemberitahuan kedua media ini yaitu :
Apabila menggunakan FEED sekali tersetting maka secara otomatis akan memberikan informasi tentang adanya update dalam suatu blog kepada pelanggannya setiap kali admin menerbitkan artikel baru ke dalam websitenya.
Namun untuk fanpage, kita harus mengupdatenya secara manual dengan cara membagikan update tersebut dalam bentuk kiriman ke dalam dinding fanpage agar dapat diketahui pelanggan / sebagai pemberitahuan update. Tentu saja harus memasang plugin social terlebih dahulu untuk memudahkan hal ini misal tombol share (bagikan) atau send (kirim).

Jadi sebenarnya lebih efektif penggunaan FEED (umpan situs) ketimbang penggunaan fanpage apabila difungsikan sebagai alat pemberitahuan kepada pelanggan.

Namun berbeda jika membicarakan FEED dibandingkan dengan Laman Google+.
Karena Blogger menyediakan setelan otomatis untuk setiap posting baru yang dipublikasi dalam suatu blog.
Begitulah kira-kira sedikit obrolan mengenai fanpage milik Facebook.
Setidaknya menambah koleksi artikel blog ini dan mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya.
Terima kasih.