TENTANG RSS/ATOM FEED



Mahkluk apakah itu RSS, Feed, Atom ?

RSS dan Atom = Feed.
Ketiga istilah tersebut biasa kita temui dihalaman blog atupun website.
Apa sih maksudnya ? Dibawah ini informasi terkait tiga istilah tersebut.

FeedFeed adalah Umpan yang biasanya digunakan suatu web atau blog untuk memberikan informasi mengenai update terbaru / posting terbaru kepada pengunjung tanpa harus membuka halaman web atau blog itu sendiri.

Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya terdapat link (tautan) dengan sebuah tombol bertuliskan XML(XML iconic button) atau RSS (RSS iconic button) atau ikon umpan (FEED) seperti gambar diatas.
Catatan: Setiap RSS adalah XML, tapi TIDAK setiap XML itu RSS.
Informasi yang dikirimkan dari Feed (umpan) ini berupa berkas / dokumen XML yang bisa dibaca dalam bentuk HTML ataupun teks sehingga dapat dikirimkan via email atau RSS Reader.
Dengan begitu, pengunjung bisa dengan mudah membaca posting terbaru yang diupdate oleh web / blog yang bersangkutan tanpa perlu mengunjungi halaman web atau blog tersebut. Dengan syarat, pengunjung tersebut harus berlangganan (Subcribe) Feed dari web / blog yang dikunjunginya.

Itulah alasan mengapa sering kita temui link ataupun tombol ikon Feed pada saat mengunjungi suatu halaman web / blog yang terkadang juga disediakan dalam bentuk form langganan seperti pada gambar.


Pengertian RSS Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa

    Rich Site Summary (RSS 0.91)
    RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
    Really Simple Syndication (RSS 2.0)

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul.
Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya.
Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis.Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Penggunaan

RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebarkan ringkasan tulisan terbaru, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara.
Menurut id.wikipedia.org:
Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk:
  • pemasaran,
  • press release
  • laporan reguler produk
  • atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.

Kesimpulannya RSS adalah jenis umpan situs yang disebut Feed sedangkan Atom adalah versi baru dari RSS itu sendiri jadi RSS dan ATOM keduanya merupakan jenis Umpan situs / FEED yang berfungsi untuk menyebarkan informasi terbaru yang dipublikasi dalam suatu web/ blog.