PENGERTIAN URL - URL SHORTENER



PENGERTIAN URL

PENGERTIAN URLPengguna internet tentu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah URL yang memiliki istilah persamaan lain yaitu LINK atau dalam bahasa kita disebut TAUTAN. Tapi tidak semua orang tahu apa itu kepanjangan serta pengertian mengenai URL itu sendiri.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Merupakan suatu alamat yang digunakan untuk menemukan berbagai macam hal semisal file, halaman, konten, program, dokumen dan lain sebagainya di internet.
URL ini dimiliki oleh setiap halaman web yang memuat berbagai macam hal yang disebutkan tadi dan memiliki karakter unik seperti yang biasa nampak pada kolom address bar di browser kita. 

URL SHORTENER SERVICE


PENGERTIAN URL

Setelah mengetahui URL, ada istilah lain yang memiliki keterkaitan dengan URL ini yaitu URL Shortener atau penyingkat URL atau pemendek URL. Ini adalah sebuah layanan yang disediakan untuk memendekkan atau menyingkat URL tentunya... Dari URL yang panjang dipendekkan agar dapat digunakan dengan lebih praktis.
Intinya, layanan penyingkat URL ini sebenarnya bekerja dengan cara mengarahkan atau mengalihkan alamat dari yang panjang kemudian diarahkan ke alamat yang pendek. Tapi setelah URL asli atau yang panjang tersebut dipendekkan/ disingkat maka cara kerjanya terbalik yaitu dari URL pendek diarahkan kembali menuju URL asli yang panjang agar dapat membuka halaman yang diinginkan.

Masih bingung? Silahkan dibaca ulang perlahan-lahan oke.. :)
 
Dibawah ini tercantum daftar beberapa Layanan URL Shortener yang populer di internet:

 

tinyurl
bit.dotiny.cc
mcaf.eesu.pr