Facebook Fanpage Blogger



Membuat Facebook fanpage khusus Blogger.


Memanfaatkan fitur gratis dari Facebook dengan manfaat yang maksimal jika dikelola dengan baik tentu akan sangat menguntungkan bagi siapa saja. Selain menjadi media sosial, fitur fanpage memberikan tempat bagi pengguna Facebook untuk membuat halaman khusus yang berfungsi sebagai halaman tempat berkumpulnya orang-orang dengan hobi atau kegemaran tertentu. (baca Fungsi Facebook fanpage)

Khusus untuk blogger,sebenarnya Facebook menyediakan halaman khusus yang dapat kita manfaatkan dalam mendukung kegiatan blogging (*Admin). Tentu saja dalam rangka mempopulerkan blog dan mengumpulkan serta menjalin hubungan komunikasi dengan pengunjung / subscribers ( pelanggan) blog.

 Berikut ini ulasan ringkas dari hasil penelitian saya mengutak-atik Facebook.
Membuat halaman fanpage untuk blogger yang ideal menurut saya adalah dengan mengambil kategori Tokoh / Artis yang menggunakan ikon / gambar dibawah ini.
Fanpage Tokoh
 Terlebih lagi bagi blogger yang memiliki beberapa blog dalam satu akun / mengelola beberapa blog dari platform lain.
Dari beberapa blog tersebut sebenarnya cukup menggunakan satu fanpage untuk mengumpulkan pelanggan / pengunjung blog sehingga satu admin dengan beberapa blog tersebut dapat mengelola keseluruhan pengunjung yang berlangganan dengan beberapa blog tersebut dalam satu halaman fanpage saja.
Jadi mengumpulkan banyak pengunjung dari beberapa blogsekaligus ke dalam satu fanpage. Maka jadilah komunitas penggemar / pelanggan blog anda dalam satu wadah yang mudah dikelola.

Perhatikan gambar-gambar dibawah ini merupakan tahapan pembuatan fanpage Blogger.
1. Klik untuk login  / untuk membuat halaman fanpage.
2. Pilih kategori fanpage Tokoh masyarakat / artis seperti penjelasan dan gambar diatas.
3. Lengkapi form dan pilih kategori 'Blogger' seperti gambar dibawah ini

4. Lanjutkan tahap upload foto profil fanpage.
Disarankan menggunakan foto asli.
Dalam hal ini kita tidak perlu berfikir dua kali untuk menunjukkan siapa diri kita walaupun mungkin berbeda dengan pemikiran orang yang melihat / mengenal kita secara online namun menampilkan foto asli akan memberikan nilai lebih jika anda mampu memberikan konten berkualitas bagi penggemar anda. Agar pelanggan blog anda tahu siapa sebenarnya anda dan membuktikan bahwa anda layak memiliki fans / digemari banyak orang.

5. Lanjutkan tahap-tahap selanjutnya hingga selesai.
untuk menentukan pemirsa halaman, pilih "jelajahi" agar mendapatkan jangkauan lebih luas lalu tekan tanda plus '+' untuk menetapkan pemirsa halaman. Anda dapat memilih sebanyak mungkin namun akan lebih baik jika memilih pemirsa dengan kategori yang relevan agar memiliki potensi peminat yang maksimal untuk blog anda.

Sedikit tips untuk mendapatkan LIKE pertama untuk halaman fanpage yang baru saja selesai.

1. Sebelumnya lengkapi terlebih dahulu seluruh data dan informasi 'Tentang' yang diperlukan agar halaman anda bear-benar siap dan mampu memberikan kesan keseriusan anda mengelolanya.
2. Buat ucapan selamat datang, sampaikan harapan anda dan tinggalkan pesan agar mereka memberikan LIKE dengan cara menekan tombol LiKE yang berada di bawah sampul halaman. Agar mereka tidak salah memberikan LIKE hanya untuk kiriman anda tersebut.
3. Update kiriman ke dinding, lalu buat tonggak sejarah berdirinya fanpage. Ini hanya cara mudah agar opsi penyematan kiriman muncul pada opsi kiriman anda tadi.

4.Kembali dan sorot kiriman yang tadi anda buat , sematkan kan kiriman agar tetap berada diatas dan mudah terlihat apabila undangan anda membukan halaman anda.Tanda pita kuning di ujung kiriman menandakan bahwa kiriman telah disematkan diatas dan tetap diatas walaupun terdapat kiriman lain di dinding halaman anda.

5. Undang teman-teman terdekat Anda / teman lama anda / saudara anda sebanyak mungkin dan beitahukan,yakinkan agar bersedia memberikan LIKE.
Catatan :
URL alamat khusus halaman baru dapat dibuat setelah terdapat minimal 25 LIKE pertama pada halaman fanpage anda.
5. Fanpage anda siap di pasang di blog manapun yang anda inginkan.

Artikel terkait Facebook Fanpage :