SITEMAP ALIAS PETA SITUS - BLOGGER


PETA SITUS
SITEMAP / PETA SITUS


SITEMAP atau PETA SITUS merupakan salah satu data penting yang diperlukan dalam optimisasi blog yaitu membantu mempercepat proses pengindeksan yang hasilnya akan ditampilkan pada halaman hasil penelusuran (SERP - Search Engine Resul Page) tentu saja melalui proses pencarian menggunakan Search Engine.

Selain itu Sitemap ini juga digunakan untuk membuat halaman Daftar Isi suatu blog dengan cara menambahkan beberapa kode HTML atau script.


Sitemap yang berupa halaman data XML ini akan diperlukan terutama pada saat mengelola blog melalui peralatan perayapan webmaster.


Tanpa data ini webmaster tidak akan menampilkan data apapun sehingga kita tidak mengetahui jika terjadi kesalahan perayapan pada blog kita dan hal ini tentunya menghambat blog untuk terindeks oleh mesin telusur.


Membuat peta situs / sitemap sangat mudah dibuat dan sebenarnya kita hanya perlu menambahkan  sitemap.XML pada akhiran alamat URL halaman utama blog kita.

CONTOH :

 "namablog.blogspot.com"
tambahkan sitemap.XML menjadi :
"namablog.blogspot.com/sitemap.xml"
Jangan lupa menambahkan "http://" pada awal URL.

Cara lain membuat Sitemap adalah menggunakan Sitemap Generator. Dengan tool ini sitemap blog akan dihasilkan lebih pasti, jelas dan lengkap namun ini sebenarnya hanya untuk keperluan analisa saja agar terhindar dari kesalahan dalam membuat sitemap.

Menggunakan Sitemap di Webmaster

WEBMASTER TOOLS

  • Login menggunakan akun Google untuk mengakses peralatan webmaster.
  • buka Dashboard Webmaster (pastikan nama blog yang akan dikelola tampil di halaman Dashboard. Jika belum tampil silahkan pilih nama blog atau tambahkan situs baru)
  • klik menu Perayapan seperti yang tampak pada gambar diatas.
  • klik Peta Situs
WEBMASTER - SITEMAP

  • Masukkan teks sitemap.xml pada kolom
  • Lakukan uji terlebih dahulu untuk memastikan bahwa peta situs tersebut sudah benar, klik Uji Peta Situs.
  • Lihat  hasil Uji.
LIHAT HASIL UJI PETA SITUS

  • Lihat hasil uji apakah hasilnya merupakan data yang berasal dari blog anda ? Jika benar tutup pengujian.

UJI PETA SITUS


  • Ulangi langkah awal klik tombol merah untuk menambahkan sitemap.
  • Masukkan kembali sitemap.xml dan kali ini kirim peta situs / klik tombol biru tunggu hingga terkirim dan muncul notifikasi seperti berikut

SUBMIT SITEMAP


  • lalu klik segarkan laman untuk melihat hasilnya seperti dibawah ini


SITEMAP

SELAMAT - PETA SITUS Anda telah terekam di peralatan perayapan WEBMASTER dan setiap kali blog diupdate maka secara otomatis data webmaster Anda akan terupdate. Lakukan monitor di webmaster secara berkala untuk mengetahui status dan kesehatan blog Anda.

Selanjutnya Anda bisa mengatur konten apa saja atau halaman mana saja yang ingin di indeks atau diblokir dengan Robot.txt