Melindungi Konten Blog dengan Lisensi Creative Common



 Creative Common Licenses



Creative Common License atau CC License adalah lisensi yang berfungsi untuk melindungi suatu konten atau hasil karya dari penyalahgunaan atau kegiatan yang merugikan pemilik asli atau pembuat konten.

Grafis CC License

Mempublikasi konten melalui blog atau website sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk tujuan yang merugikan. Mungkin saja saat konten kita dimanfaatkan oleh orang-orang tersebut kita tidak tahu dan tidak merasa dirugikan. Namun orang-orang tersebut justru menikmati dan mendapatkan keuntungan dari konten hasil karya orang lain. Dengan adanya CC License maka konten-konten tersebut dapat dilindungi sehingga sebagai pemilik / pembuat konten anda tidak lagi dirugikan.

Contoh fungsi CC License:
Anda mempublikasi suatu konten misal foto-foto milik anda sedangkan anda tidak tahu bahwa untuk orang atau perusahaan tertentu foto-foto tersebut memiliki nilai jual. Dengan menggunakan Lisensi CC ini, foto-foto tersebut dapat dilindungi dari kegiatan penyalahgunaan yang bisa merugikan.

Contoh fungsi CC License kedua :
Anda ingin memperbolehkan pengunjung blog / website anda untuk mempublikasikan kembali tulisan di blog anda dapat memberikan ijin dengan persyaratan mendapatkan suatu kredit dari tulisan yang dipublikasi tersebut.

Kesimpulannya Creative Common adalah sebuah perlindungan hak cipta yang memungkinkan kita untuk berbagi  dan menggunakan suatu hasil karya dengan menggunakan sarana yang legal dan bebas biaya.

Selain mudah digunakan, dengan CC License ini kita dapat memberikan dan mengatur perijinan untuk konten / hasil karya kita kepada publik sehingga publik bisa menggunakan konten tersebut hanya jika mendapatkan ijin dari kita dengan mengubah aturan hak cipta standar dari All Right Reserved menjadi Some Right Reserved.

CC License bukan merupakan sebuah perlindungan hak cipta alternatif namun CC License berperan berdampingan dengan perlindungan Hak Cipta dan memungkinkan kita untuk memodifikasi aturan hak cipta menjadi yang terbaik sesuai keperluan kita.

Selanjutnya kunjungi Tutorial CC License