Penempatan kode snippet Blogger

Memasang kode snippet di blog


Kode snippet adalah kode yang biasanya disematkan secara manual kedalam template blog untuk tujuan optimisasi atau pemasangan widget / gadget.
Kode ini bisa berformat HTML (HyperText Mark up Language) atau Script.

Posisi penempatan kode snippet biasanya berdasarkan fungsi kode tersebut misalkan kode snippet meta tag, kode verifikasi webmaster, kode analystic dan sejenisnya umumnya dipasang didalam area antara <head> hingga tag penutup </head>.

Berbeda dengan kode CSS (Cascading Style Sheet) yang biasanya bertujuan untuk memodifikasi tampilan blog.
Pemasangan kode ini biasa berada di area <body> tag, diantara tag <skin> hingga tag penutup </skin>.

Sedangkan untuk snippet widget semisal tombol share, follow, like atau sejenisnya biasanya disesuaikan dengan dimana widget tersebut akan dimunculkan. Misal anda ingin memasang widget tombol share, like dan follow untuk profil / untuk halaman fanpage Facebook anda, umumnya harus ditempatkan disekitar area postingan / artikel.

Contoh :
memasang tombol share di bawah atau di atas judul postingan.
Jika kode snippet dipasang melalui setelan 'tata letak'
dengan menambahkan gadget blog 'HTML/Script'

maka akan menghasilkan tampilan widget diluar area posting walaupun masih dalam satu tata letak / layout. Pemasangan kode dengan cara tambah gadget juga akan membuat tata letak menjadi lebih ramai dan terkadang membingungkan karena biasanya tidak menggunakan judul gadget.

Namun apabila pemasangan kode tersebut diletakkan dalam template maka penempatannya akan lebih akurat.
Misal diletakkan dibawah judul posting maka penempatannya seperti pada gambar berikut ini.

Keterangan gambar :
Perhatikan kolom berwarna merah :
  • Jadikan kode didalam kolom tersebut sebagai patokan / penanda untuk meletakkan kode tombol share / follow.
  • Jika kode diletakkan tepat dibawah kode didalam kolom merah (gambar atas) maka tombol akan tampil persis dibawah judul postingan.
Namun jika ingin menampilkan widget diatas judul postingan maka snippet diletakkan dalam area <b:widget id=Blog1....>  dibawah kode <!-- post --> seperti yang tampak pada gambar dibawah maka tombol akan muncul di atas judul postingan. Cara pemasangan ini tidak membuat ramai setelan tata letak.

Simple, semoga bermanfaat.